Kamis, 10 Mei 2012

KEMATIAN FACEBOOK TINGGAL MENUNGGU WAKTU


     Sudahkah anda punya akun facebook? Kalau belum, anda tidak perlu merasa ketinggalan. Popularitas jejaring sosial, yang sempat meroket tinggi itu, kini mulai pudar. Meskipun belum ada pengganti situs pertemanan lain, namun banyak pengguna internet yang jarang mem-browse facebook lagi.
     Dan apabila membuka facebook, mereka sudah mengurangi aktivitas di situs tersebut, baik itu yang memiliki banyak teman sekalipun. Di jam-jam sibuk dari facebook, yaitu dari pukul 8 pagi sampai 4 sore, jumlah status yang ditulis semakin berkurang dari hari ke hari. Komentar yang menyertai status itu juga semakin sedikit. Itu belum ditambah dengan semakin minimnya jumlah foto, film, dan lain-lain yang di upload.
     Untuk lebih jelasnya, penulis membuat persentase tentang kemunduran kegiatan di facebook satu semester tahun ini, dibandingkan tahun lalu. Saat ini status yang ditulis di facebook sudah berkurang 60%. Komentar yang menyertai status tersebut telah berkurang sekitar 75%. Tentu saja perhitungan komentar tersebut dihitung berdasarkan berapa banyak pengguna yang memberi komentar, bukan berapa banyak komentarnya- karena biasanya penulis status memberi komentar sangat banyak. Sedangkan kegiatan yang menyertainya, seperti upload, tagged, dan lain-lain yang dulu sangat digemari pengguna berkurang hingga 80%. Kegiatan yang betul-betul sudah tidak digemari lagi adalah poke atau colek, karena bagi sebagian pengguna (terutama wanita) hal itu kurang pantas atau merasa merendahkan. Alhasil, poke mengalami kemunduran paling parah, 90%.

Photo by Google
     Ingin tahu apa aktivitas yang masih digemari di facebook? Tidak lain dan tidak bukan adalah obrolan atau chatting, atau banyak orang menyebutnya OL (kependekan dari On Line). Kegiatan obrolan di facebook dirasa masih menarik (dibandingkan situs lain yang memiliki fasilitas serupa), karena penggunanya masih banyak. Selain itu penikmat obrolan di facebook juga mendapatkan keuntungan yang berupa fasilitas yang lebih murah (dibandingkan dengan mengobrol lewat telepon, atau pesan tertulis), praktis (karena melibatkan banyak pihak yang bisa dihubungi), selain itu juga mengasyikan (karena bisa dilakukan sambil santai. Kemunduran pengguna fasilitas obrolan hanya sekitar 30% dibandingkan tahun lalu.
     Namun yang harus dicermati adalah kemunduran itu terjadi seiring waktu. Dalam artian, semakin banyak orang yang mengurangi aktivitasnya di jejaring sosial tersebut. Lonjakan kemunduran tahun ini dari tahun lalu begitu besar. Dan jika menganalisa ke depan, perhitungan persentase itu akan berhenti di angka 100 % pada waktu tidak lebih dari dua tahun. Bukan berarti facebook akan mati dalam kurun waktu itu ke depan, tapi kemungkinan besar situs itu akan tidak populer sama sekali. Walaupun, sekali lagi, hingga saat ini belum tanda-tanda ditemukan situs serupa (di internet) yang lebih digemari.
Kenapa Pengguna Facebook Bisa Menurun?
1.      Bosan
     Tidak dipungkiri, kebosanan merupakan hal manusiawi bagi umat manusia. Walau bagaimanapun situs tersebut membuat ketagihan yang sampai ke tingkat kecanduan, namun pasti ada waktunya untuk merasa jenuh.
2.      Kecewa
     Facebook memang pernah membuat banyak orang terkagum-kagum dengan fasilitasnya yang luar biasa, dibandingkan dengan situs pertemanan yang lebih dulu muncul. Namun banyak oknum yang memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagai tujuan pribadi, baik dari yang sopan hingga tahap yang paling tidak sopan. Penyalahgunaan itu menyebabkan pemilik sesama akun tersebut merasa risi dan kecewa. Dan itu berujung pada penarikan diri pihak-pihak yang kecewa dari berbagai aktivitas mereka.
     Memang ada fasilitas filter di facebook, yang dipakai untuk mengurangi perbuatan yang tidak senonoh. Namun itu semua belum bisa mengantisipasi kelicinan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
3.      Situs Pesaing
     Facebook masih dianggap jejaring sosial yang sangat canggih. Namun dengan adanya situs pertemanan yang lebih, walaupun bisa dikatakan tidak secanggih facebook, tentu menjadi alternatif pilihan pengguna internet. Twitter dan blacberry messenger saat ini menempati pesaing utamanya. Meskipun begitu banyak orang mengakui kalau kedua situs tersebut memiliki kelemahan masing-masing.
   
4.      Boros
Kegiatan browsing membutuhkan tidak sedikit dana dan waktu. Bagi masyarakat menengah keatas, tentu keduanya tidak menjadi masalah. Namun bagi masyarakat menengah kebawah, yang memiliki sebagian besar akun di facebook, dana dan waktu adalah sangat siginifikan. Ketika mereka menyadari kalau kecanduan facebook menyebabkan pemborosan yang besar, mereka sedikit demi sedikit menguranginya.

     
        
        
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar