Sudahkah anda punya akun facebook? Kalau
belum, anda tidak perlu merasa ketinggalan. Popularitas jejaring sosial, yang
sempat meroket tinggi itu, kini mulai pudar. Meskipun belum ada pengganti situs
pertemanan lain, namun banyak pengguna internet yang jarang mem-browse facebook lagi.
Dan
apabila membuka facebook, mereka sudah mengurangi aktivitas di situs tersebut,
baik itu yang memiliki banyak teman sekalipun. Di jam-jam sibuk dari facebook, yaitu
dari pukul 8 pagi sampai 4 sore, jumlah status yang ditulis semakin berkurang
dari hari ke hari. Komentar yang menyertai status itu juga semakin sedikit. Itu
belum ditambah dengan semakin minimnya jumlah foto, film, dan lain-lain yang di
upload.
Untuk lebih jelasnya, penulis membuat
persentase tentang kemunduran kegiatan di facebook satu semester tahun ini,
dibandingkan tahun lalu. Saat ini status yang ditulis di facebook sudah
berkurang 60%. Komentar yang menyertai status tersebut telah berkurang sekitar
75%. Tentu saja perhitungan komentar tersebut dihitung berdasarkan berapa
banyak pengguna yang memberi komentar, bukan berapa banyak komentarnya- karena
biasanya penulis status memberi komentar sangat banyak. Sedangkan kegiatan yang
menyertainya, seperti upload, tagged, dan
lain-lain yang dulu sangat digemari
pengguna berkurang hingga 80%. Kegiatan yang betul-betul sudah tidak digemari
lagi adalah poke atau colek, karena
bagi sebagian pengguna (terutama wanita) hal itu kurang pantas atau merasa merendahkan.
Alhasil, poke mengalami kemunduran
paling parah, 90%.
Photo by Google
Photo by Google
Ingin tahu apa aktivitas yang masih
digemari di facebook? Tidak lain dan tidak bukan adalah obrolan atau chatting, atau banyak orang menyebutnya OL (kependekan dari On Line). Kegiatan obrolan di facebook dirasa masih menarik
(dibandingkan situs lain yang memiliki fasilitas serupa), karena penggunanya
masih banyak. Selain itu penikmat obrolan di facebook juga mendapatkan
keuntungan yang berupa fasilitas yang lebih murah (dibandingkan dengan
mengobrol lewat telepon, atau pesan tertulis), praktis (karena melibatkan
banyak pihak yang bisa dihubungi), selain itu juga mengasyikan (karena bisa
dilakukan sambil santai. Kemunduran pengguna fasilitas obrolan hanya sekitar
30% dibandingkan tahun lalu.
Namun yang harus dicermati adalah
kemunduran itu terjadi seiring waktu. Dalam artian, semakin banyak orang yang
mengurangi aktivitasnya di jejaring sosial tersebut. Lonjakan kemunduran tahun
ini dari tahun lalu begitu besar. Dan jika menganalisa ke depan, perhitungan
persentase itu akan berhenti di angka 100 % pada waktu tidak lebih dari dua
tahun. Bukan berarti facebook akan mati dalam kurun waktu itu ke depan, tapi
kemungkinan besar situs itu akan tidak populer sama sekali. Walaupun, sekali
lagi, hingga saat ini belum tanda-tanda ditemukan situs serupa (di internet)
yang lebih digemari.
Kenapa
Pengguna Facebook Bisa Menurun?
1. Bosan
Tidak dipungkiri,
kebosanan merupakan hal manusiawi bagi umat manusia. Walau bagaimanapun situs
tersebut membuat ketagihan yang sampai ke tingkat kecanduan, namun pasti ada
waktunya untuk merasa jenuh.
2. Kecewa
Facebook memang pernah
membuat banyak orang terkagum-kagum dengan fasilitasnya yang luar biasa,
dibandingkan dengan situs pertemanan yang lebih dulu muncul. Namun banyak oknum
yang memanfaatkan fasilitas ini untuk berbagai tujuan pribadi, baik dari yang
sopan hingga tahap yang paling tidak sopan. Penyalahgunaan itu menyebabkan
pemilik sesama akun tersebut merasa risi dan kecewa. Dan itu berujung pada
penarikan diri pihak-pihak yang kecewa dari berbagai aktivitas mereka.
Memang ada fasilitas filter di facebook, yang dipakai untuk mengurangi perbuatan yang
tidak senonoh. Namun itu semua belum bisa mengantisipasi kelicinan dari
oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
3. Situs Pesaing
Facebook masih dianggap
jejaring sosial yang sangat canggih. Namun dengan adanya situs pertemanan yang
lebih, walaupun bisa dikatakan tidak secanggih facebook, tentu menjadi
alternatif pilihan pengguna
internet. Twitter dan blacberry messenger saat ini menempati
pesaing utamanya. Meskipun begitu banyak orang mengakui kalau kedua situs
tersebut memiliki kelemahan masing-masing.
4. Boros
Kegiatan
browsing membutuhkan tidak sedikit
dana dan waktu. Bagi masyarakat menengah keatas, tentu keduanya tidak menjadi
masalah. Namun bagi masyarakat menengah kebawah, yang memiliki sebagian besar
akun di facebook, dana dan waktu adalah sangat siginifikan. Ketika mereka
menyadari kalau kecanduan facebook menyebabkan pemborosan yang besar, mereka
sedikit demi sedikit menguranginya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar