Kamis, 29 Oktober 2020

Frank Darabont, Sineas di balik Sukses The Walking Dead

 

Film seri TV aksi horor bertema zombie (mayat hidup), The Walking Dead adalah salah serial yang tersukses dalam sejarah pertelevision. Ternyata kesuksan itu tidak luput dari campur tangan dingin sineas veteran Frank Darabont.

 


Tahun ini film seri bercerita tentang Deputy Sheriff Rick Grimes (Andrew Lincoln) yang bangun dari koma dan harus memimpin sekelompok orang untuk bertahan hidup dari serangan mayat hidup itu telah memasuki tahun produksi ke-sepuluh. Untuk ukuran film seri televisi, pencapaian The Walking Dead bisa dikategorikan sebuah kesuksesan yang fenomenal.

 

Bahkan animo pemirsa terhadap serial tersebut belum juga surut dan semakin bertambah. Kepawaian sineas menghadirkan zombie di layar kaca patut diacungi jempol. Tak ayal jika film ini dua kali mendapat Piala Emmy untuk make up terbaik, dan tetap dinominasikan setiap tahunnya.

 

Adalah Frank Darabont, sineas veteran yang menjadi kreator dari serial horor menegangkan ini. Siapakah Darabont?

 

Tahun 1994, dunia film dikejutkan dengan kemunculan film drama penjara yang sangat menyentuh berjudul The Shawshank Redemption. Pasalnya, film yang langsung mendapat 7 nominasi piala Oscar (termasuk untuk film dan skenario saduran terbaik) ini adalah garapan perdana sutradara yang saat itu sama sekali tidak punya nama, Frank Darabont.

 

Uniknya, Darabont mendapat hak memfilmkan kisahnya setelah membelinya dari penulis kawakan Stephen King sebesar 1.000 dolar, dan mengembalikannya lagi pada sang sineas. Kepercayaan King tidak disia-siakan oleh Darabont. The Shawshank Redemption menjadi salah satu film terbaik dalam sejarah industri film dunia.

 

Keberhasilan kolaborasi Darabont dan Stephen King berlanjut pada film (yang masih bertema tentang konflik di dalam penjara) berjudul The Green Mile (1999). Film yang dibintangi Tom Hanks tersebut mendapat 4 Oscar (2 nominasi untuk Darabont, yakni film dan skenario saduran terbaik). Peredaran The Green Mile berhasil mengumpulkan uang sebesar 287 juta dolar.

 

Setelah itu Darabont membuat 2 film lumayan sukses, yakni The Majestic (2001) dan The Mist (2007). Untuk ukuran sutradara bertangan dingin, dia termasuk kurang produktif, terbukti jeda dia dalam menyutradarai film cukup lama, rata-rata 4 tahun.

 

Ternyata pria kelahiran Prancis, berkewarganegaraan Amerika Serikat ini punya kesibukan baru, yakni menjadi kreator film seri televisi. Dua film seri sukses telah dia hasilkan, yaitu Mob City dan tentu saja, The Walking Dead. []

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar